Bagian Perencanaan dan Keuangan

Perencanaan dan Keuangan

  • menyiapkan bahan program kerja bidang Keuangan dan Bina Program sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud singkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  • melaksanakan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Dinas dan Rencana Kerja (Renja) Dinas;
  • melaksanakan pengusulan program dan kegiatan dinas ke dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) serta Prioritas dan Plafon Anggaran sementara (PPAS);
  • melaksanakan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj), Laporan Penyelenggaraan Pemerintah daerah (LPPD) dan laporan lainnya;
  • melaksanakan penelitian dan koreksi Rencana kerja dan Anggaran (RKA) dan Perubahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) serta Rancangan Dokumen Pelaksanaan Anggaran(DPA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perubahan dari masing-masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK);
  • melaksanaan Penatausahaan Keungan meliputi penyediaan dana, permintaan pembayaran, perintah membayar, pencairan dana, verifikasi dan pertanggungjawaban penggunaan dana;
  • melaksanakan pengelolaan gaji pegawai dan penghasilan lain pegawai;
  • melaksanakan penyusunan laporan keuangan dinas;
  • mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  • menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi serta laporan pelaksaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  • melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah atasan sesuai dengan tugasnya.