TERMINAL BUS BULUPITU PURWOKERTO SEMAKIN MENARIK

TERMINAL BUS BULUPITU PURWOKERTO SEMAKIN MENARIK

Terminal Bus Bulupitu Purwokerto, semakin menarik untuk dikunjungi. Tak hanya bersih, tetapi juga tertata rapi yang membuat pengunjung dibuat betah dengan aneka fasilitas. Begitu juga petugas terminal, pedagang, sopir bus, dan lain-lain semua ramah kepada pengunjung.

Kesan yang melekat seperti terminal bus pada umumnya yang jorok, panas, penuh sesak, dan rawan tindak kejahatan tidak ditemukan disini. Terminal ini sangat humanis dan ramah kepada pengunjungnya.

Bermacam fasilitas di terminal Bulu Pitu sudah tertata dengan apik. Kesan pertama masuk terminal adalah seperti berada di dalam sebuah arena bermain yang mengasyikkan.

Ada Menara Eiffel dan Patung Merlion Singapura

Selain fasilitas yang sudah ada seperti lokasi taman bermain anak yang cukup luas, taman edukasi kesadaran berlalu lintas, ruang akses internet nirkabel, perpustakaan baca pengunjung, ruang laktasi bagi ibu menyusui, masjid besar terminal, serta penataan pedagang yang rapi dan teratur. Sudah tiga bulanan ini dilengkapi dengan gambar Menara Eiffel dan Patung Merlion Singapura.

Dengan adanya dua gambar tersebut semakin banyak warga yang berkunjung ke kompleks terminal yang menempati lahan seluas 12 hektare itu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kab. Banyumas, pembenahan Terminal Bulu Pitu sudah mulai sejak dibangun pada 2006. Konsep ramah lingkungan itu muncul, berkat kerja sama pemerintah dan warganya.

"Beberapa waktu lalu sempat diapresiasi oleh pemerintah pusat, bahwa Terminal Bulu Pitu menjadi terminal terbaik dan percontohan di Indonesia".

Saat ini hampir setiap hari para orangtua membawa anak-anaknya mengunjungi Terminal Bulupitu ini untuk sekedar melihat-lihat sesekali mereka foto dibeberapa titik, seperti dibawah payung, di Menara Eifel, Patung Merlion Singapura layaknya berwisata.

Sunarmi salah satu pengunjung  asal Baturaden mengatakan mengajak anaknya yang berumur 8 tahun, karena merasa banyak yang bisa dipelajari oleh anaknya di sini. “Selain bermain anak saya tahu rambu-rambu lalu lintas, jadi tahu apa saja yang harus ditaati oleh pengendara bermotor. Selain itu disini juga aman, banyak mainan anak-anak, semua gratis saya cuma beli tiket parkir," katanya

Banyak yang bisa dipelajari oleh semua orang saat berkunjung ke taman Terminal Bulupitu Purwokerto, di taman tersebut banyak terdapat papan serta barikade yang biasanya digunakan untuk iklan produk. Tapi di taman tersebut bebas bebas dari iklan, bahkan yang ditampilkan adalah imbauan tulisan serta gambar agar para pengguna jalan dapat lebih berhati-hati saat berkendara.

"Imbauan disini tidak hanya sekedar tulisan tapi foto sehingga mudah dipahami baik oleh orang dewasa  maupun anak-anak. Pernah saya lihat itu banyak pengunjung bapak-bapak maupun ibu-ibu bawa anak dan cucunya lihat lalu bertanya itu untuk apa. Saya menganggap itu membantu tugas Dinas Perhubungan dalam bersosialisasi.

Related Posts

Komentar